Tips Belanja Online

Aktivitas berbelanja kini sedikit berubah. Sebelum ada pandemi, orang-orang cenderung berbelanja secara konvensional alias datang langsung ke toko. 

Namun sejak setahun terakhir tepatnya saat pandemi, ternyata aktivitas belanja online mengalami peningkatkan dari 4,7% menjadi 28,9%. Akan tetapi ketika akan belanja online, tak sedikit yang merasa khawatir. Ya, masyarakat khawatir takut ditipu oleh pedagang. Bukan hanya menyoal keamanan transaksi saja, tapi juga terhadap barang yang dijual, apakah produk tersebut kualitasnya terbaik atau justru sebaliknya. 

 

Nah di bulan Ramadan ini, aktivitas belanja online pun meningkat. Lantaran masih dalam kondisi pandemi, orang-orang cenderung menyukai belanja online karena dinilai lebih praktis dan efisien. 

Ya, semua barang atau kebutuhan bisa dicari hanya lewat genggaman tangan saja. Agar nyaman saat belanja online, yuk simak tiga langkah berikut ini:

Sebagian besar kasus penipuan dan pencurian identitas terjadi ketika transaksi dilakukan melalui media sosial atau situs belanja yang tidak kredibel. Belajar dari pengalaman di atas, seharusnya bisa menjadi alasan mengapa kamu harus belanja online lewat situs populer dan terpercaya.

Saat memilih situs belanja online, ada baiknya kamu juga memperhatikan atau mengecek tentang kepuasan konsumen terhadap E-commerce tersebut. 

Hal itu tentunya akan menjadi bukti dari legitimasi situs tersebut. Oh ya, di poin ini kamu juga harus mengecek sistem pembayarannya ya!

Sebelum memilih barang yang akan dibeli, ada baiknya kamu membaca dengan seksama deskripsi dari produk yang akan dijual. Jangan sampai, kamu terkecoh melihat harga murah dari situs jual beli online ya! Jika harga yang ditawarkan lebih jauh dari harga pasaran, jangan langsung dibeli. Hati-hati terkecoh dengan barang bermerek yang dijual dengan potongan harga sangat besar ya!